Senin, 27 Februari 2012

Tips Kurangi Kerusakan Rambut Akibat Catok

Meluruskan rambut dengan flat iron (catok rambut) jadi solusi praktis dan cepat untuk tampil cantik. Tapi konsekuensinya, rambut bisa menjadi kering dan rusak akibat hantaran panas dengan temperatur tinggi.

Jika tidak digunakan dengan benar, penggunaan alat catok rambut yang berlebihan dan terus menerus menyebabkan rambut rusak, kering, kusam, pecah-pecah dan bercabang.

Memang menjadi sebuah dilema, di satu sisi ingin selalu terlihat cantik, sementara di sisi lain Anda tidak ingin rambut menjadi rusak. Lalu, apa yang harus dilakukan? Tenang saja, Anda tetap bisa kok tampil cantik tanpa harus mengorbankan kesehatan rambut asal memerhatikan tiga tips yang dilansir helium ini:

1. Jangan gunakan hair dryer atau pengering rambut sebelum mencatok rambut. Tindakan ini akan membuat rambut bertambah rusak karena terkena panas berulang-ulang. Cukup keringkan secara alami dengan menekan-nekan rambut yang masih basah menggunakan handuk. Sediakan waktu beberapa saat sampai rambut mengering alami.

2. Sebelum meluruskan, gunakanlah produk 'leave-in conditioner', semacam serum atau krim rambut yang melembabkan dan melindungi lapisan rambut tanpa dibilas.

3. Pilih alat catok yang lempengannya terbuat dari keramik. Biasanya dinamakan 'ceramic straightener' atau 'ionizing straightener'. Produk dengan label ini lebih ramah bagi rambut Anda, dibandingkan alat catok biasa.

Yang harus diingat, meski sudah meminimalisir rambut dari risiko kerusakan, kemungkinan terjadinya rambut kering atau patah masih ada. Bagaimanapun juga, alat-alat yang menghantarkan panas tetap bisa merusak rambut. Pastikan Anda rutin melakukan perawatan rambut dengan shampo dan kondisioner yang tepat, juga terapkan masker rambut minimal satu kali seminggu.

0 komentar:

Posting Komentar