Selasa, 29 Januari 2013

Wajah Cerah dengan Air Wudhu


Banyak perempuan-perempuan zaman sekarang yang menghabiskan lebih banyak uang belanjanya hanya untuk pergi ke salon-salon kecantikan, SPA dan tempat-tempat perawatan kecantikan lainnya. Mereka menganggap bahwa kecantikan dapat diselesaikan cukup dengan pergi ke salon, atau cukup dengan membeli sebuah kosmetik. Tragisnya, di kota-kota besar pun laki-laki seakan tidak mau ketinggalan dengan perempuan. Mereka juga mulai merawat tubuhnya agar kelihatan tampan dan bersahaja layaknya seorang perempuan. Adapun bagian tubuh yang menjadi primadona adalah wajah, terutama di bagian kulit wajah.

Padahal kalau kita mau jujur, asalkan setiap saat kulit wajah dirawat dan dibersihkan dari gangguan atau kotoran, baik karena panas sinar matahari, kotoran debu atau karena habis memakai kosmetik, maka wajah akan tampak segar, bersih dan sehat. Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berwudhu minimal lima kali sehari, yakni ketika ia akan menunaikan ibadah sholat. Bahkan dalam sehari, terkadang seseorang dapat melakukan wudhu lebih dari lima kali, baik karena ia ingin mengerjakan amalan sholat sunnah, membaca Al-Qur’an, maupun karena alasan dâimu al-wudhu’ (sebuah amalan dimana ketika seseorang wudhunya batal, ia segera berwudhu kembali). Dengan kita berwudhu setiap saat, berarti kita juga telah melakukan perawatan terhadap kulit, khususnya kulit wajah.


Rasulullah bersabda, “Barangsiapa berwudhu dengan membaguskan wudhu’nya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kulitnya sampai dari kuku jari-jemarinya”. (HR. Muslim).

Dan juga Rasulullah bersabda, “Sungguh ummatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhu’nya, (Abu Hurairah menambahkan) maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar pada tubuhnya, maka lakukanlah.” (HR. Bukhari – Muslim).

Ilmu kontemporer menetapkan (setelah melalui percobaan mikroskopi terhadap tumbuhnya mikroba pada orang yang berwudhu’ secara teratur dan juga kepada yang tidak teratur) bahwasannya orang yang selalu berwudhu  mayoritas hidung mereka menjadi bersih dari berbagai mikroba yang menempel pada kulit. Mikroba tersebut setelah diteliti pasca wudhu’ hilang sama sekali termasuk mikroba yang masuk dalam rongga kulit dan hidung. Mikroba ini sangat berbahaya bagi manusia karena pada umumnya dalam jumlah yang besar mikroba-mokroba ini termasuk jenis mikroba berbentuk bulat dan berklaster yang sangat berbahaya, cepat menyebar dan berkembang-biak dan mikroba lainnya yang menyebabkan banyak terjadinya berbagai penyakit.

Setiap muslim yang taat tentunya minimal melakukan wudhu setiap 5 kali sehari, bagaimana tidak cerah wajah mereka. Karena itu daripada menghabiskan uang berjuta-juta rupiah, suntik putih, suntik kolagen, pake krim ini pake krim itu tidak salahnya kita menunaikan kewajiban kita sebagai muslim yaitu berwudhu sebelum sholat, Insya Allah pasti mukanya cerah baik di dunia maupun di akhirat kelak. Amin…

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ka aku minta yha artikel x, buat di blog ku...
mohon ijin nya....

Posting Komentar