Selasa, 13 Maret 2012

Manfaat Mentimun :)

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini, buah mentimun yang pernah memberikan trauma kepada saya karena rasa pahitnya itu ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan manusia, berbagai kandungan gizi yang ada di dalam buah mentimun dapat memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Buah yang sering kita gunakan sebagai teman lalapan saat kita menikmati makanan dengan proses pembakaran seperti ayam bakar, ikan bakar dan sebagainya itu bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah, selain itu rasa mentimun yang segar juga enak diolah sebagai campuran sayuran. Mentimun memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 %. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.Menurut penelitian, Mentimun juga mengandung 35.100 - 486.700 ppm asam linoleat sebagai suku cucurbitaceae yang biasanya mengandung kukurbitasin, mentimun kemungkinan juga mengandung senyawa tersebut. Kukurbitasin merupakan senyawa yang mempunyai aktivitas sebagai anti tumor dan hal ini dapat menjadi upaya preventif atas serangan penyakit tumor terhadap tubuh anda.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat buah mentimun yang dapat kita peroleh apabila kita rutin mengkonsumsinya. Asal jangan berlebihan ya, akrena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik :D

  • Biji timun mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak - anak yang menderita cacingan.
  • Apabila Anda menderita sakit pada tenggorokan yang menyebabkan sulit bicara (batuk) dapat dirawat dengan biji timun. Caranya : sedikit biji timun dicampurkan dengan sedikit garam dan dikumur beberapa kali sehari. Pengobatan ini dipercaya dapat mengembalikan suara yang hilang akibat sakit tersebut.
  • Penyakit pening - pening yang berkesinambungan sehingga dapat menurunkan berat badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi mentimun mentah atau yang telah dimasak. Selain itu, mentimun dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit disentri.
  • Mentimun juga sering manfaatkan sebagai obat kecantikan alami. Ambil buah secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Dipakai untuk kompres pada demam, dibubuhkan pada luka, luka bakar, bercak noda di kulit, jerawat, membersihkan kulit muka yang berminyak dan mengurangi kulit yang gatal.

Bagaimana, apakah tertarik untuk mengkonsumsi buah yang satu ini, saya sarankan anda untuk mengkonsumsinya karena ternyata Buah Mentimun mempu

0 komentar:

Posting Komentar