Selasa, 13 Maret 2012

Make Up untuk Wajah Berjerawat

Banyak yang berkata kalau wajah berjerawat jangan sampai mengaplikasikan make-up. Karena justru akan membuat jerawat diwajah semakin parah. Hal ini disebabkan pori-pori wajah tertutup oleh foundation dan bedak, serta beberapa kosmetik lain. Bahkan kalau sampai salah pilih kosmetik, wajah yang berjerawat justru malah terkena iritasi. Bukannya malah sembuh, jerawat yang menempel dibawah bertambah membandel.

Jangan sebal dulu. Asal Anda tahu bagaimana cara ber-make-up yang tepat saat wajah berjerawat, kulit wajah Anda pun akan aman. Berikut tips nya :
 
1. Manfaatkan kandungan jeruk nipis dan ketimun

      Jika bahan kosmetika Anda saat ini belum ada kedua bahan tersebut, sebaiknya segera dimasukkan dalam list wajib beli Anda. Karena kedua bahan yang terkandung dalam jeruk nipis dan ketimun ini mampu menyerap keringat berlebih yang menyebabkan jerawat. Manfaat ketimun dan jeruk nipis bisa Anda gunakan diawal sebagai pembersih dan penyegar. Kini banyak sekali dijual di pasaran, pembersih serta penyegar yang mengandung ekstrak kedua tanaman bermanfat tersebut.

2. Gunakan pelembab “water based”

      Pelembab jenis water based inilah yang paling baik untuk wajah Anda. Karena kandungan formulanya cukup ringan hingga mudah diserap oleh wajah. Selain itu mampu diserap sempurna oleh kulit wajah Anda. Kandungan air dalam pelembab tidak akan memunculkan masalah pada kulit Anda.

3. Pilah pilih foundation
      Jika memang dalam acara yang Anda tuju, mengharuskan Anda untuk memakai foundation sebaiknya pilih lah foundation yang berbentuk cair. Karena foundation jenis ini mudah unutk dibersihkan, dan tidak melekat terlalu sempurna pada wajah Anda dibandingkan dengan foundation padat. Namun jika dalam keseharian, misalnya ke kantor, sebaiknya jangan gunakan foundation, cukup pelembab dan bedak. Semakin Anda meminimalis make up yang Anda gunakan, jerawat pun akan sungkan untuk muncul

4. Pilih bedak tabur

      Bedak tabur jauh lebih baika nad gunakan jika tidak ingin pori-pori diwajah semakin menumpuk. Kalau Anda terbiasa menggunakan compact powder, sebaiknya dihindari. karena compact powder melekat begitu erat pada kulit, sedangkan jenis kulit berminyak dan berjerawat pada umumnya memiliki pori-pori yang besar dan terbuka. Sehingga kotoran akan lebih mudah melekat dan menumpuk di pori-pori wajah

5. Blush on

      Kalau Anda semula ragu untuk mengaplikasikan blush on, karena takut jerawat dipipi Anda bertambah banyak, kini jangan takut lagi. Asalkan kosmetik yang Anda pakai tersebut tepat dan tidak pernah menimbulkan iritasi pada wajah Anda, itu tidak masalah.

      Namun, bukan hanya kosmetik saja yang Anda perhatikan, namun juga blush on aplikator. Alat yang satu ini bisa menjadi sumber penyebab jerawat, mungkin karena Anda meletakkannya sembarangan hingga terkena debu, terlalu banyak bubuk blush on yang ada di blush on aplikator dan tidak pernah Anda bersihkan, atau Anda tidak rajin memcuci aplikator ini.

Setelah Anda menggunakan make up, sebaiknya segera bersihkan wajah Anda, dan jangan sampai terbawa tidur make up tebal Anda. Ini sama saja dengan menambah daftar panjang jerawat yang bertumbuh di wajah Anda.

0 komentar:

Posting Komentar